Tips Memutihkan Gigi Secara Alami

Gigi yang Kuning dan Putih
Memiliki gigi yang putih adalah dambaan setiap orang. Dengan memiliki gigi putih, membuat seseorang merasa lebih percaya diri berbicara di hadapan orang lain. Selain itu senyumpun terlihat manis dan indah jika anda memiliki gigi yang putih. Sayangnya, banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga warna putih gigi setelah gigi berwarna kuning atau rapuh. Agar gigi anda kembali putih dan terjaga warnanya, berikut beberapa cara alami agar gigi terlihat putih.

1. Siwak
Kayu siwak (Salvadora persica) telah digunakan selama berabad-abad sebagai sikat gigi karena mengandung fluoride dan antibakteri alami.  Siwak bahkan terbukti dalam beberapa penelitian lebih efektif mencegah plak dan radang gusi dibandingkan pasta gigi. Sebuah penelitian pada 24 orang berusia rata-rata 23 tahun menunjukkan bahwa penggunaan siwak 4 kali sehari selama satu bulan dapat memutihkan gigi secara signifikan.

 2. Buah-buahan “renyah”
Apel, jambu biji, salak dan pir memiliki abrasivitas yang dapat membantu untuk mengangkat noda dan membersihkan gigi. Mereka seperti sikat gigi alami yang membersihkan permukaan gigi tanpa merusak enamel/email.

3. Makan sayuran
Wortel, brokoli dan seledri dapat meningkatkan produksi air liur saat mengunyahnya. Air liur adalah penghilang noda alami tubuh. Namun, air liur bekerja dua arah. Selain membersihkan sisa makanan dan sampah, air liur juga membawa bakteri ke seluruh mulut, yang berarti menyikat gigi dua kali sehari dan membatasi konsumsi gula adalah sama pentingnya.

4. Stroberi
Mengandung asam malat, yang juga terdapat dalam pasta gigi berpemutih. Belah stroberi dan menggosokkan pada gigi untuk membersihkan noda. Alternatif lain untuk memutihkan gigi, anda dapat berkumur dengan air jeruk nipis dua kali seminggu atau menggosok gigi dengan kain lap yang dibasahi minyak zaitun selama beberapa menit.

5. Kulit Lemon
Kandungan vitamin yang banyak pada kulit lemon juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Caranya gosok kulit lemon pada gigi dan biarkan beberapa saat. Setelah itu gosok dengan pasta gigi.

6. Keju, susu dan yoghurt
Memakan sedikit keju, susu atau yoghurt setelah makan dapat mencegah kerusakan gigi dan mempromosikan remineralisasi email karena mengandung banyak kalsium dan fosfor. Ingatlah bahwa gigi secara alami memiliki warna kekuningan karena mengandung kalsium, mineral yang penting untuk email gigi yang kuat. Menyikat terlalu keras dan mengonsumsi makanan asam terlalu banyak akan merusak permukaannya.

7. Baking soda
Baking soda memiliki sifat yang dapat menghilangkan noda pada permukaan gigi, namun baking soda dapat merusak gigi jika digunakan terlalu sering, hal ini dilakukan menimal satu atau dua bulan sekali. Cara memutihkan gigi dengan baking soda yaitu sebarkan baking soda kepermukaan gigi. Diamkan selama 5-10 menit, kemudian sikat gigi sampai bersih dengan pasta gigi.

8. Daun Salam
Ambil 5-6 lembar daun salam kemudian jemur agar terkena sinar matahari sampai kering, setelah kering hancurkan daun hingga menjadi bubuk. Tambahkan kulit jeruk bubuk yang dicampur dengan daun salam, kemudian gosokkan ke dalam gigi anda secara perlahan.

Demikian cara-cara alami yang dapat dilakukan untuk membuat gigi menjadi lebih putih. Sangat mudah dan dapat anda lakukan sendiri di rumah. Katakan selamat datang gigi putih dan selamat tinggal gigi kuning. :D

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Tips Memutihkan Gigi Secara Alami ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
4 Comments

4 Responses to "Tips Memutihkan Gigi Secara Alami"

  1. hihih aku malah jarang mikirin yang begituan
    taunya sikat gigi doang sekalian mandi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia gan,...banyak yang tidak mepedulikan warna gigi,.. tapi kalau sudah jelek warnanya,.. baru bingung ngatasinnya,..:D

      Hapus
  2. Memang benar, banyak orang baru bingung apabila warna gigi sudah jelek.
    Terima kasih atas tipsnya. :)

    BalasHapus
  3. Masih mending warna, gigi baru sakit dan krowog baru kebingungan.....!

    BalasHapus

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea