Tips Mencuci Pakaian Agar Warnanya Awet

Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia. Selain itu pakaian juga merupakan fashion yang menambah tampilan diri menjadi lebih menarik. Namun masalah muncul ketika pakaian rusak dan warnanya memudar karena cara mencuci yang salah. Anda tidak ingin baju kesayangan anda rusak? Anda ingin sering memakai baju kesayangan tanpa merusak warnanya?
Berikut ini cara tepat mencuci pakaian agar tidak cepat rusak dan warnanya tetap awet.

  • Gunakan air dingin

Selain menghemat energi, mencuci dengan air dingin dapat menjaga keawetan pakaian.

  • Jangan sering dicuci

Pakaian yang sering dicuci sebenarnya mengurangi kualitas warna pakaian. Karena itu jika anda hanya memakainya 2 atau 3 jam saja dan tidak kotor, maka cukup dianginkan dan bisa dipakai kembali. Namun ketika baju anda sudah kotor, segeralah mencucinya agar pakaian tidak ditumbuhi jamur. Agar pakaian tidak cepat rusak jangan menyikatnya atau menekan terlalu kuat.

  • Hindari kerusakan saat mencuci

Pastikan menutup rapat retsleting celana dan jaket anda. Jika anda mencuci bra, kaitkan terlebih dahulu agar tidak menyangkut pada pakaian lain.

  • Gunakan deterjen dan pelembut berkualitas

Mencuci menggunakan deterjen berkualitas mampu menjaga warna pakaian agar tetap awet. Karena itu pilihlah deterjen yang memang ampuh merawat warna pakaian. Gunakan juga pelembut agar serat pakaian anda tidak kasar.

  • Gunakan cuka

Cuka dapat mengunci warna pakaian agar tidak mudah luntur. Karena itu rendamlah pakaian anda dalam larutan 2 sendok cuka sebelum kemudian dicuci.

  • Gunakan shampo

Caranya larutkan shampo dalan air secukupnya dan kocok hingga berbusa. Rendam pakaian berwarna pada larutan shampo tersebut, kucek sebentar dan bilas dengan air.

  • Pisahkan pakaian

Pisahkan pakaian anda ketika dicuci. Pemisahan pakaian dilakukan dengan memisahkan pakaian yang berwarna putih, gelap, cerah dan berbahan lembut.

  • Hilangkan noda dengan vetsin

Vetsin dapat mengurangi noda pada pakaian. Caranya dengan merendam pakaian dalam larutan satu sendok vetsin, kemudian cuci seperti biasa.

  • Kurangi menggunakan mesin pengering

Menggunakan mesin pengerin dapat membuat pakaian anda cepat aus atau kusam karena proses pengeringan dengan panas yang tidak alami. Agar warna pakaian awet, jemurlah dibawah sinar matahari. Namun jika cuaca terlalu panas, cukup angin-anginkan saja.

  • Menyetrika dengan panas yang sesuai

Jika pakaian anda tipis, setrikalah dengan panas yang sedang.

  • Penyimpanan yang  tepat

Berikan nafas pada baju agar tidak lembab dan berjamur, utamanya pada baju yang berbahan sensitif atau yang jarang digunakan. Untuk menghindari binatang ngengat, taruhlah kamper dalam lemari anda.

  • Hati-hati dengan benda di sekeliling

Berhati-hatilah pada permukaan kasar, kuku yang tajam dan sudut meja. Selain itu juga bahan kimia seperti parfum, hairsray, deodorant dan keringat yang dapat merusak warna pakaian.
Semoga tips merawat pakaian ini membuat baju kesayangan anda tetap bagus dan tidak cepat pudar. Tentu anda akan tampil menarik setiap saat. Selamat mencoba :-)
Menjaga warna Pakaian

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Tips Mencuci Pakaian Agar Warnanya Awet ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
3 Comments

3 Responses to "Tips Mencuci Pakaian Agar Warnanya Awet"

  1. simpel ternyata
    tapi kalau tips untuk busana muslim ada ga?

    BalasHapus
  2. nice tips thanks yah
    buat yg cari pakaian murah - Toko Pakaian Online Murah Berkualitas-BUTIK ADHE http://butikadhe.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Tipsnya bermanfaat sekali, makasih.

    BalasHapus

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea