Beberapa Penyebab Sakit Kepala (Pusing) Yang Perlu Diketahui

Hampir semua manusia pernah mengalami sakit. Seperti halnya pusing, sakit kepala atau vertigo. Ada yang mengalami pusing ringan, pusing sedang hingga pusing berat yang sampai menyebabkan pingsan atau tidak sadarkan diri. Pusing dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Pusing juga dapat terjadi diseluruh lapisan umur, baik itu remaja, dewasa maupun orangtua. 
 
Agar anda tidak termasuk orang yang sering mengalami pusing, sebaiknya hindari beberapa penyebab pusing di bawah ini:

1. Kurang darah (Anemia)
Anemia adalah kondisi kurangnya kadar Hb (Haemoglobin) atau kurangnya jumlah sel darah merah (eritrosit). Akibatnya, kandungan oksigen (O2) dalam darah berkurang sehingga menyebabkan sakit kepala. Penyebab anemia antara lain : kekurangan zat besi, cacingan, perdarahan menstruasi yang berlebihan atau lama dan penggunaan obat penurun tekanan darah dapat menyebabkan pusing jika dosis yang digunakan terlalu besar.

2. Masalah pada jantung
Seperti kurangnya asupan darah yang keluar dari jantung, penyakit otot jantung (cardiomyopathy), denyut jantung tidak teratur (aritmia) atau penurunan volume darah sehingga menyebabkan aliran darah dari jantung tidak memadai.

3. Kurang tidur
Tubuh bukanlah mesin yang dapat bekerja sehari penuh. Tubuh perlu istirahat untuk mengembalikan kesegaran keesokan harinya. Sebanyak apapun pekerjaan, jangan sampai mengurangi porsi tidur anda. Karena jika anda kurang tidur untuk memburu pekerjaan, jangan salahkan jika pusing akan mengganggu anda ketika bekerja. Sehingga yang anda lakukan menjadi kurang optimal.

4. Kolesterol, lemak darah dan gula darah
Kelebihan kadar kolesterol, lemak (trigliserida) dan gula pada darah dapat menyebabkan darah mengental sehingga memperlambat aliran darah di seluruh tubuh, termasuk di dalam otak yang menimbulkan sakit kepala (pusing/vertigo).

5. Kecemasan yang berlebihan
Gangguan kecemasan seperti panik, merasa sangat grogi atau mengalami fobia tertentu dapat menyebabkan seseorang merasa pusing karena adanya suatu tekanan yang terjadi dalam otak.

6. Faktor usia
Semakin bertambahnya usia seseorang akan lebih sering mengalami pusing, karena otak sudah tidak bekerja secara optimal.

Pusing mungkin tidak tampak seperti sebuah gejala yang serius. Namun sering pusing dapat menjadi tanda-tanda penyakit stroke. Karena itulah pentingnya mengetahui penyebab-penyebab pusing (sakit kepala) agar kita dapat menghindari pusing dan dapat menjaga kesehatan dengan cara yang tepat.

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Beberapa Penyebab Sakit Kepala (Pusing) Yang Perlu Diketahui ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Komentar Terbaru
Comments
1 Comments

1 Response to "Beberapa Penyebab Sakit Kepala (Pusing) Yang Perlu Diketahui"