Kenali Penyebab, Cara Mengobati Dan Merawat Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Memiliki bibir yang sehat dan cantik adalah impian semua wanita. Namun ada beberapa yang kualahan menghadapi bibir kering dan pecah-pecah. Bahkan ada yang hingga sampai berdarah. Ngeri ya kawan? Sebelum mengerti cara mengobati dan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, alangkah baiknya mengetahui dulu penyebab bibir kering dan pecah-pecah berikut ini.
Perawatan bibir :)

  • Sering menjilat bibir, membasahinya dengan air ludah
  • Karena terpapar polusi udara atau debu
  • Perubahan suhu juga bisa menyebabkan bibir menjadi kering
  • Kurangnya konsumsi buah dan sayur
  • Kebiasaan merokok dan minum kopi
  • Jenis makanan yang terlalu asin dan asam
  • Bernafas melalui mulut. Biasanya terjadi pada orang yang ketika tidur mendengkur. Maka pagi harinya bibir akan mengalami kekeringan.
  • Kurang minum terutama air putih
  • Penggunaan jenis lipstik yang tidak cocok
  • Penggunaan jenis pasta gigi tertentu yang mengandung banyak detergen
  • Karena alergi terhadap makanan tertentu
  • Kurangnya vitamin B, zat besi atau asam lemak esensial lainnya.

Setelah mengetahui penyebab bibir kering dan pecah-pecah di atas, maka berikut cara mencegah, mengobati atau mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

  1. Hilangkan kebiasaan menjil bibir.
    Walau sepertinya terasa lebih nyaman, tetapi air ludah bisa menyebabkan bibir menjadi lebih kering dari sebelumnya. Alasannya, ludah yang mengering saat menjilat bibir, akan menghilangkan minyak pelindung alami bibir.
  2. Jangan terlalu sering mengkonsumsi kafein
    Makanan pedas dan asin serta jangan merokok.
  3. Jika anda sering memakai lipstik
    Kenali jenis lipstik yang tidak cocok dengan bibir anda. Misalnya jika anda menggunakan lipstik kemudian bibir menjadi radang atau kering, segera berhenti menggunakannya. Walaupun anda suka dengan waranya, belum tentu lipstik cocok dengan bibir anda.
  4. Memakai pelembab bibir yang alami.
    Misalnya seperti menggunakan madu atau minyak kelapa yang dioleskan ke bibir sebelum tidur. Jika anda menggunakan lip blam, pilih lip balm yang kaya moisturizer, mengandung minyak alami dan terdapat label SPF (sun protecting factor).
    Kandungan tersebut dapat menjaga bibir dari sinar matahari yang merupakan salah satu pemicu bibir kering. Anda juga bisa gunakan lidah buaya, atau gel lidah buaya untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Ekstrak lidah buaya dapat membantu dalam melembabkan dan menjaga kulit tetap lembut.
    Selain itu lemak dalam minyak kelapa dapat menyembuhkan kulit kering pada bibir, melembabkannya dan membantu menyingkirkan warna bibir yang gelap.
  5. Perbanyak minum air putih.
    Karena selain dapat mengatasi bibir yang kering dan pecah, air putih juga baik untuk kesehatan tubuh.
  6. Lakukan scrub
    Ini juga berlaku untuk bagian bibir. Untuk scrub bibir ini anda bisa menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun dan gula pasir yang dioleskan pada bibir.
  7. Perbanyak nutrisi yang bisa mengatasi masalah bibir kering.
    Misalnya dengan memperbanyak makan apel, jeruk, tomat dan berbagai jenis buah serta sayuran sehat lainnya.
  8. Gosok bibir dengan irisan mentimun.
    Mentimun mengandung banyak vitamin C yang dapat melembapkan bibir anda.

Demikian penyebab bibir kering dan pecah-pecah serta cara mengobati dan merawat bibir kering dan pecah-pecah sehingga tetap lembut dan lembab. Selamat mencoba :)

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Kenali Penyebab, Cara Mengobati Dan Merawat Bibir Kering Dan Pecah-pecah ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
1 Comments

1 Response to "Kenali Penyebab, Cara Mengobati Dan Merawat Bibir Kering Dan Pecah-pecah "

  1. yang di bagian sering menjilat bibir dengan air liur itu kan salah Alasannya Ludah yg mengering saat menjilat bibir,akan menghilangkan minyak pelindung alami bibir

    BalasHapus

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea