Makanan Dan Minuman Yang Memicu Tumbuhnya Jerawat

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa tidak ada hubungan antara mengonsumsi kacang dengan timbulnya jerawat. Hanya saja terdapat beberapa makanan yang jika dikonsumsi akan meningkatkan produksi hormon androgen yang menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, salah satunya kacang. Kulit yang berminyak akan mudah ditempeli debu dan bakteri sehingga menimbulkan jerawat. Karena itu alangkah baiknya mengetahui beberapa makanan yang dapat memicu kulit menjadi berminyak berikut ini. Sehingga anda dapat menghindarinya jika memiliki masalah kulit berminyak dan berjerawat.

1. Lemak jahat

Lemak jahat akan membuat kulit menjadi berminyak karena meningkatnya produksi sebum dan menutup pori-pori kulit yang menjadai sebab utama munculnya jerawat. Makanan yang mengandung lemak jahat diantaranya yaitu makanan beku, sereal dan gorengan.


2. Mengandung susu

Makanan yang mengandung susu seperti yoghurt, coklat, es krim dan keju mengandung banyak hormon karena susu biasa diproduksi dari sapi hamil. Enzim yang ada dalam kulit mengubah hormon tersebut menjadi DHT (dihydrotestosteron). DHT ini meningkatkan produksi minyak pada kulit yang mengarah pada timbulnya jerawat.

3. Kafein (Caffein)

Kandungan kafein banyak terdapat pada kopi, teh, soda, minuman berenergi dan obat menghilang rasa sakit.  Kafein dapat meningkatkan hormon stres yang dapat mengganggu kesehatan kulit. Selain itu kafein akan mengganggu tidur dimana tidur sangat penting untuk memperbaiki kondisi fisik dan detoksifikasi (pelepasan racun). Jika racun tidak terlepas, maka kesehatan akan menurun dan jerawat menjadi parah.

4. Gula tinggi

Selain dapat membuat kulit menjadi cepat menua, makanan yang mengandung gula tinggi dapat dengan cepat masuk ke dalam aliran darah dan meningkatkan gula darah yang membuat produksi lemak meningkat. Lemak yang menimbun di kulit inilah yang memicu kulit berminyak hingga akhirnya muncul jerawat. Makanan yang mengandung gula juga dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan berdampak pada penurunan pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri, yang juga merupakan salah satu penyebab jerawat. Makanan tinggi gula penyebab jerawat misalnya seperti permen, soda dan soft drink, es krim, coklat, biskuit dan sereal

5. Seafood

Jenis seafood seperti kerang dan udang memang mengandung banyak nutrisi. Namun kandungan yodium di dalamnya dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Karena itu jika kulit wajah anda rentan berjerawat, sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi seafood.

Demikian beberapa makanan yang dapat memicu kulit berminyak hingga timbulnya jerawat pada wajah. Semua makanan di atas tidak harus anda hindari sepenuhnya. Anda hanya perlu untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Karena yang berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh dan utamanya kulit anda. Semoga bermanfaat terutama bagi yang memiliki wajah sensitif dan berminyak.

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Makanan Dan Minuman Yang Memicu Tumbuhnya Jerawat ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
0 Comments

0 Response to "Makanan Dan Minuman Yang Memicu Tumbuhnya Jerawat"

Poskan Komentar