Tak Ingin Kelihatan Tua? Hindari Makanan dan Minuman Ini

Banyak produk-produk kosmetik yang diklaim mampu menghilangkan tanda-tanda penuaan. Misalnya dapat menghilangkan flek dan kerutan di wajah. Namun sebenarnya ada hal yang lebih penting dilakukan agar tetap awet muda dan tanda-tanda penuaan tidak cepat muncul. Yaitu dengan menjaga konsumsi makanan dan minuman yang mempercepat proses penuaan. Jika anda ingin awet muda, sebaiknya anda menjauhi beberapa makanan dan minuman di bawah ini.

1. Gula

Kelebihan gula dalam tubuh akan menyebabkan menempelnya kolagen yang membuat kulit tidak elastis dan tampak kaku. Hilangnya elastisitas ini lah yang membuat kulit cepat keriput dan membuatnya lebih tua. Bentuk lain gula yang perlu anda hindari juga adalah permen, pemanis buatan dan pastry (kue).

2. Garam

Kelebihan mengkonsumsi garam dapat membuat anda kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi). Jika anda dehidrasi, maka wajah anda akan kelihatan lesu dan kucel.

3. Kopi

Seperti hanya garam, kandungan kafein dalam kopi dapat menyebabkan dehidrasi yang akan membuat anda tampak kelelahan dan lesu jika dikonsumsi secara berlebihan. Kafein adalah zat yang dapat meningkatkan hormon stres dan pengaruhnya mampu bertahan selama berjam-jam setelah dikonsumsi. Salah satu kontribusi terbesar dari penuaan dini adalah hormon stres yang disebut kortisol. Kadar kortisol yang tinggi dapat menyebabkan otot-otot menjadi letih, sehingga membuatnya menjadi cepat menyusut.

4. Alkohol

Sering mengkonsumsi alkohol juga dapat membuat anda dehidrasi. Selain itu alkohol dapat memicu munculnya kerutan di kulit karena hilangnya kolagen dan membuat wajah memerah hingga bengkak. Minuman lain yang dapat memicu penuaan dini adalah minuman energi karena dapat merusak enamel gigi sehingga gigi terlihat kuning dan tidak sehat, serta minuman berkarbonasi (soda) yang mengandung kadar gula tinggi yang membuat anda terlihat lelah juga dapat memicu obesitas, sehingga meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, sakit jantung dan stroke.

5. Gorengan

Makanan gorengan seperi tahu goreng, tempe goreng, keripik, kentang dan bakwan adalah makanan yang berperan dalam pemecahan kolagen. Jika dikonsumsi secara berlebihan, akan menyebabkan kulit cepat keriput.

6. Karbohidrat

Karbohidrat memang penting untuk memenuhi nutrisi tubuh, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan kerusakan kolagen dan serat-serat dalam kulit. Selain karbohidrat, konsumsi protein terlalu banyak misalnya daging merah, juga dapat menyebabkan osteoporosis.

Pada hakikatnya tua pasti dialami oleh seluruh makhluk di bumi, entah itu manusia, hewan dan tumbuahan. Cara di atas hanyalah penunda penuaan dini agar tanda-tanda menua tidak datang mendahului usia anda yang masih muda. Semoga berhasil... :)
Makanan dan minuman yang enak bukan?

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Tak Ingin Kelihatan Tua? Hindari Makanan dan Minuman Ini ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
0 Comments

0 Response to "Tak Ingin Kelihatan Tua? Hindari Makanan dan Minuman Ini"

Posting Komentar

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea