Makanan Dan Minuman Yang Sehat Untuk Berbuka Puasa

Saat berbuka adalah saat yang paling ditunggu oleh orang yang sedang berpuasa. Ketika berbuka biasanya apa yang diinginkan ketika siang harinya akan menjadi hal yang pertama dimakan. Padahal perlu diketahui bahwa tidak semua makanan dan minuman baik dikonsumsi ketika berbuka.
Menu yang cocok untuk buka puasa?
Karena perut yang kosong seharian dapat sakit jika anda berbuka dengan makanan dan minuman yang dapat mengejutkan perut. Apalagi bagi anda yang memiliki riwayat sakit maag atau tipes, sebaiknya hati-hati ketika berbuka puasa. Makanan dan minum yang sehat ketika berbuka, dapat membuat perut terasa nyaman dan ibadah shalat tarawihpun menjadi lancar.

Berikut ini beberapa macam makan dan minuman yang sehat untuk berbuka puasa.

1. Air putih
Sebaiknya mulailah berbuka dengan air putih. Karena air putid dapat menjadi pembersih dan pelancar pencernaan setelah sehari penuh tubuh tidak mendapatkan tambahan cairan. Setelah meneguk air putih, anda dapat meneruskan menyantap makanan lain yang sehat untuk berbuka.

2. Air kelapa
Air kelapa merupakan minuman yang pas untuk berbuka puasa. Dalam air kelapa mengandung elektrolit yang dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

3. Kurma
Rasulullah selalu berbuka dengan buah kurama. Buah kurma yang memiliki rasa manis ini mengandung banyak nutrisi yang dapat mengembalikan tenaga setelah sehari penuh berpuasa. Namun karena Indonesia bukanlah tempat yang cocok untuk tumbuh buah kurma sehingga sulit mendapatkan kurma, anda dapat menggantinya dengan buah lain yang rasanya manis. Buah manis yang sehat untuk berbuka misalnya seperti pisang, semangka, melon, pepaya, anggur, apel, delima, pir, jeruk, mangga dan lain sebagainya. Buah-buah manit di atas cocok juga untuk penderita maag dan diabetes karena mengandung gula alami yang alam bagi tubuh. Jika bosan dengan hanya menyantap buah, anda dapat menyulap buah tersebut menjadi jus yang lembut. Namun usahakan tidak menggunakan pemanis gula pasir. Gunakan gula aren dan madu untuk pemanisnya yang sehat untuk tubuh.

4. Makanan yang mengandung karbohidrat an protein
Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dapat menambah asupan kalori dalam tubuh. Sedangkan protein berfungsi mengembalikan tenaga tubuh sehingga tubuh tidak merasa lelah. Makanan sehat saat berbuka puasa yang mengandung karbohidrat dan protein misalnya seperti biji-bijian dan kacang-kacangan, daging, ikan, sayur-sayuran yang berwarna hijau, roti, beras merah, oat dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa makanan dan minuman yang sehat untuk berbuka puasa. Sebaiknya dahulukan yang manis-manis. Mengonsumsi banyak cairan ketika berbuka juga sangat penting. Namun jangan lupa hindari makanan yang berminyak karena dapat memperlambat proses pencernaan dan tidak memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Semoga tips di atas bermanfaat dan semoga kita semua dapat puasa sebulan penuh di bulan ramadhan nanti. Kecuali para wanita-wanita tentunya :D

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Makanan Dan Minuman Yang Sehat Untuk Berbuka Puasa ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
0 Comments

0 Response to "Makanan Dan Minuman Yang Sehat Untuk Berbuka Puasa"

Posting Komentar

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea