Manfaat Bersepeda (Gowes) Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah manfaat bersepeda pagi kesehatan tubuh? Sebelumnya perlu diketahui bahwa bersepada adalah kegiatan rekreasi atau olahraga serta merupakan salah satu bentuk transportasi darat yang menggunakan sepeda. Banyak penggemar sepeda yang melakukan kegiatan bersepeda diberbagai medan, antara lain seperti di jalan yang terjal, di bukit-bukti untuk meloncat dan di jalan datar untuk sekedar bersantai atau bermain dengan kecepatan laju sepedanya. Bersepeda digemari hampir seluruh lapisan umur, mulai dari anak -anak, dewasa hingga orangtua. Manfaat bersepeda sangat banyak untuk kesehatan tubuh, khususnya jantung.
Berikut ini beberapa manfaat bersepeda atau biasa disebut ngegowes untuk kesehatan tubuh.

  • Menurunkan resiko penyakit jantung
Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang harus dijaga. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung agar tetap kuat adalah dengan berepeda. Sebagaimana penelitian dari british Medical Association mengemukakan bahwa bersepeda dengan jarak tempuh 35 kilometer dalam kurun waktu satu minggu dapat menurunkan resiko jantung hingga 50 %.


  • Menguatkan otot pernafasan dan paru-paru
Bernafas sangat penting bagi manusia agar tetap hidup. Namun sistem pernafasan dapat terganggu akibat kurangnya melatih sistem pernafasan. Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang dapat melatih kekuatan sistem pernafasan seperti otot pernafasan dan paru-paru sehingga sistem pernafasan tetap sehat dan sistem pernafasan yang baik dapat meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan oleh tubuh.

  • Menguatkan otot
Manusia menggunakan ratusan ototnya untuk beraktifitas sehari-hari. Jika tidak aktif selama seminggu saja dapat mengurangi kekuatan otot. Dengan bersepeda, otot menjadi lebih kuat dan lebih efisien untuk digunakan beraktifitas sehari-hari.

  • Menurunkan berat badan dan mengurangi resiko obesitas
Bersepeda diwaktu muda dapat mengurangi resiko obesitas diwaktu tua. Aktifitas bersepeda merupakan salah satu alternatif olahraga untuk menurunkan berat badan karena dapat membakar kalori. Jika berat badan ideal, maka kolesterol juga mudah diatur dan sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

  • Mengurangi tekanan darah tinggi
Tekanan darah yang tinggi dapat mengakibatkan penyakit stroke dan kerusakan pada organ tubuh. Dengan bersepeda secara teratur setiap pagi atau sore hari, dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

  • Menambah kekuatan dan kepadatan tulang
Olahraga khusunya bersepeda dapat menguatkan otot dan tulang serta menambah fleksibilitas dalam bergerak. Maka kemungkinan mengalami cidera tulang akan semakin rendah. Selain itu bersepeda juga bermanfaan untuk kepadatan tulang khususnya dibagian kaki.

  • Mengurangi stres, menjaga kesehatan mental dan meningkatkan hormon endorfin
Bersepeda dapat memberikan efek rileks yang besar karena gerakan sikliknya yang seragam mampu menstabilkan tubuh secara fisik dan emosional. Karena itu bersepeda dapat menenagkan fikiran dari rasa cemas, depresi dan masalah psikologis lainnya. Jika badan dan rileks, maka hormon endorfin akan meningkat. Hormon endorfin adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh ketika merasa bahagia. Hormon endorfin mampu mengontrol diri dari amarah, mampu berfikir positif serta lebih mengutamakan kesabaran.

Demikian beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari bersepeda (gowes) untuk kesehatan tubuh. Walaupun terlihat sederhana, ternyata bersepeda menyimpan banyak sekali manfaat positif. Bagi yang hobi bersepeda, semoga tambah semangat bersepedanya ya setelah membaca artikel ini. Selamat ngegowes.... :D

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Manfaat Bersepeda (Gowes) Bagi Kesehatan Tubuh ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
3 Comments

3 Responses to "Manfaat Bersepeda (Gowes) Bagi Kesehatan Tubuh"

  1. bersepeda emang menyehatkan.. apalagi skrg ini pemerintah sudah memberikan jalur khusus untuk pengendara sepeda di jalan raya dan di surabaya, hari minggu pagi merupakan hari car free day.. hari khusus untuk masyarakat bersepeda..

    BalasHapus
  2. wah, sejak di jogja, aku jarang banget gowes..
    gak punya sepeda.. :(

    BalasHapus
  3. @lina : Asik bisa sepedaan tiap minggu pagi nih di surabaya..:D

    @pondokgue : Tumbas yang second banyak yang masih bagus gan..:D

    BalasHapus

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea