Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas

Kita tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya makanan pedas, ya.. kebanyakan orang akan merasa suatu makanan kurang sedap jika tak ada rasa pedas, masakan akan terasa hambar dan kurang mantap. Namun, taukah anda jika makanan pedas juga memiliki manfaat serta bahaya bagi tubuh kita?

Manfaat makanan pedas bagi kesehatan

Anda wajib tau bahwa berdasarkan beberapa penelitian, makanan pedas ini memiliki beberapa manfaat bagi tubuh kita diantaranya adalah :
  1. Menyehatkan jantung
    Di era modern ini penyakit jantung banyak ditemui, mulai dari rakyat jelata sampai jendral banyak yang menderita penyakit ini. Maka beruntunglah anda yang suka dengan makanan pedas (cabe) karena cabe memiliki fungsi untuk menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah selain itu kadar kolesterol jahat mampu membantu melancarkan peredaran darah sehingga denyut jantung bisa lebih normal dan sehat.
  2. Menurunkan berat badan
    Bagi anda yang merasa badannya terlalu gemuk dan ingin menurunkan berat badan bisa mencoba dengan membiasakan diri makan makanan pedas, namun jangan berlebihan juga karena segala sesuatu yang berlebihan itu kan tidak baik.
  3. Dapat mengurangi stress
    Ternyata makanan pedas bisa meningkatkan produksi hormon serotonin lho.. hormon serotonin ini yang memberikan efek senang, sehingga dapat membantu menghilangkan rasa penat / stess.
Sebenarnya masih banyak sih, manfaat dari makanan pedas misalnya lagi melancarkan pencernaan, mencegah flu, melancarkan pernafasan, hingga menurunkan gejala darah tinggi. Namun anda juga harus memperhatikan sisi negatif / bahaya dari makanan pedas ini ya.. ada juga beberapa hal yang harus di perhatikan dari makanan pedas.
Kebiasaan makan makanan pedas

Dampak negatif / bahaya makanan pedas

Sudah kami singgung diatas jika anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas maka bukannya bermanfaat malah bisa berdampak negatif bagi tubuh anda.
  1. Gastritis atau maag akut.
    Gejala gastritis itu sendiri seperti muntah, mual-mual, diare karena terlalu banyak / terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas. 
  2. Mengakibatkan sakit kepala.
    Ini merupakan reaksi yang dialami setelah anda terkena gejala Gastritis
  3. Insomnia atau susah tidur pada malam hari.
    Ini dia penyakit susah tidur yang lagi ngetrend di kalangan anak muda masa kini, sebenanya ini tak selalu berkaitan dengan makanan pedas, bisa jadi karena chatingan sama pacar dan saking bahagianya hingga mau tidur pun masih terbayang-bayang :D (yang seperti ini saya rasa bukan insomnia, melainkan In Love Mania hehe..)
Nah sekarang sudah tau kan manfaat dan bahaya makanan pedas bagi kesehatan? siapa sih yang pengen sakit? anda tentu juga tak ingin mengalaminya, maka dari itu teliti kebiasaan anda sehari-hari agar tak menderita sakit gara-gara gaya hidup anda yang kurang baik.

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
4 Comments

4 Responses to "Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas"

  1. kayaknya kenal sama tempat makannya tuh.. #eh *salahfokus :D

    BalasHapus
  2. @sufyan : itu di surakarta acara asean blogger festival #eh ngikut ndak fokus hihi

    BalasHapus
  3. tambahin dong kakak efek negatif makanan pedas yaitu mencret. hehehehe kalo saya makan pedas, pasti langsung mencret. diare ga abis-abis.
    kalo belum minum susu belum sembuh.

    BalasHapus
  4. Setelah saya baca2 beberapa artikel mengenai manfaat dan kerugian dari makanan pedas, saya dapat menyimpulkan bahwa manfaat yang dihasikan jauh diatas kerugian yang timbul. Saya lebih memilih untuk sesekali sakit perut demi mencegah kanker misalnya.. Btw makasih ya gan infonya!

    BalasHapus

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea