Cara Membuat Jumbreg Jajanan Khas Paciran Lamongan

Bagaimana cara membuat jumbreg? Jumbreg adalah kue atau jajanan khan dari daerah Paciran Lamongan. Jika anda pergi ke Lamongan, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Lamongan yang menggigit lidah satu ini. Kue jumbreng biasanya juga dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Lamongan. Harga jumbreg per buahnya yaitu Rp.1.500. Jumbreg menjadi sangat unik dan khas di Lamongan karena dibungkus oleh daun lontar (siwalan) yang dibentuk seperti terompet dan memiliki aroma yang khas. Berikut ini resep dan cara membuat jumbreg:

Daun lontar (siwalan)
Bahan:
  • 125 gram tepung beras
  • 30 gram tepung sagu
  • 300 gram gula merah (gula aren, gula jawa) disisir halus
  • 1000 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Daun lontar (siwalan) yang sudah dibentuk keperti terompet
Cara membuat:
  • Didihkan 500 ml santan (1/2 dari 1000 ml santan), gula merah, daun pandan dan garam. Aduk perlahan hingga larut lalu saring dan tiriskan (dinginkan).
  • Aduk rata sisa santan tadi bersama tepung beras dan tepung sagu. Kemudian tuangkan larutan gula merah dan masak hingga meletup-letup. (Untuk menambah aroma atau rasa yang berfariasi, anda dapat menambahkan potongan nangka atau kelapa dalam adonan).
  • Segera tuangkan adonan ke dalam daun lontar (siwalan) yang sudah dibentuk seperti terompet dan dinginkan.
  • Enak disantap selagi hangat atau dingin.
Jumbreg jajanan khas Paciran Lamongan
Resep di atas untuk 18 buah jumbreng
Bagaimana, mudah bukan cara membuat jumbreg makanan khas dari daerah Paciran Lamongan ini? Biasa dicoba di rumah untuk camilan juga lho :D

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Cara Membuat Jumbreg Jajanan Khas Paciran Lamongan ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
10 Comments

10 Responses to "Cara Membuat Jumbreg Jajanan Khas Paciran Lamongan"

  1. kelihatannya enak nih, makanan khas lamongan

    BalasHapus
  2. Hla biasane kayak gitu di bikin terompet waktu aku pas kecil.

    BalasHapus
  3. @index ia..klenyer-klenyer gitu..pokoknya kalau ke lamongan jangan sampai lupa jajan ini..:3

    @sucipto..di bikin terompet kayak apa yak?? ini kan sudah seperti terompet?? :D

    BalasHapus
  4. namanya aneh, belum pernah makan aku

    BalasHapus
  5. @mbak titis.. ia kak... ini jumbreg beneran..:D
    @joe kalau ke lamongan jangan lupa nyicipi gan..:)

    BalasHapus
  6. berkunjung kemari jadi lapar saya.. enak banget tuh kayaknya..

    BalasHapus
  7. @status gimbal, menggoyang lidah yang jelas gan..:D

    BalasHapus
  8. sedap ambune lontare, kenyel-kenyel piye ngonoloh, pokoke jumbrek number one, nek mangan ojo sampek jembret

    BalasHapus

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea