Apa Saja Manfaat Ciuman Yang Perlu Diketahui?

Apa saja manfaat ciuman yang perlu kita ketahui? Ciuman biasanya diberikan kepada orang-orang yang disayangi. Walaupun terlihat sederhana, ternyata banyak sekali manfaat berciuman untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaat yang diperoleh dari berciuman? berikut ini beberapa manfaat ciuman untuk kesehatan.
  • Membuat wajah awet muda
 Berciuman sama halnya dengan senam wajah. Menurut Dr. Ava Cadell, ciuman sama dengan melatih 30 otot yang ada di wajah. Karena itu ciuman dapat membuat wajah kita lebih kencang dan sehat sehingga tidak cepat keriput. 
  • Menurunkan berat badan
Ciuman merupakan aktivitas yang membakar kalori per menitnya. Penelitian menyatakan bahwa ciuman yang dilakukan dengan penuh gairah (semangat) setiap hari, kurang lebih 20 detik setiap ciuman dapat menurunkan kelebihan berat badan.
  • Menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh
Orang yang sering berciuman dapat mengurangi kemungkinan mengalami infeksi perut, kandung kemih, dan gangguan peredaran darah. Ketika berciuman sistem antibodi akan keluar sehingga dapat menjaga tubuh dari serangan penyakit dan bakteri.
  • Mengurangi stres
Berciuman bisa meningkatkan kesehatan mental. Karena ciuman yang bersemangat dapat mengurangi ketegangan pikiran, mengurangi energi negatif, meningkatkan perasaan bahagia dan menurunkan kadar hormon kortisol yang merupakan hormon pemicu stres. Ketika berciuman, kadar oksitoksin (oxytocin ) akan meningkat. Oxytocin yaitu hormon yang membangkitkan rasa tenang dan damai.
Manfaat kesehatan dibalik berciuman
  • Menyehatkan jantung menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol
Berciuman sangat baik bagi jantung karena reaksinya sama seperti olahraga. Ciuman dapat menghasilkan zat adrenalin yang membuat jantung memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Sering berciuman telah terbukti secara ilmiah dapat menstabilkan aktivitas kardiovaskular, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.
  • Menambah rasa percaya diri
Berciuman dapat membuat anda lebih percaya diri. Karena ciuman dapat menimbulkan perasaan dihargai, disayangi dan membantu menjernihkan pikiran.
  • Mengurangi rasa nyeri
Selama berciuman, zat anbodi alami diproduksi melalui liur. Air liur ini mengandung zat anestesi yang dapat mengurangi rasa nyeri. Selain itu, zat endorfin juga diproduksi saat berciuman sebanyak 200 kali lipat lebih kuat dari morfin,sehingga cukup ampuh untuk mengurangi rasa nyeri.
  • Mencegah sakit paru-paru
Setelah berciuman paru-paru akan bekerja lebih keras. Sekitar 60 tarikan nafas per menit dibandingkan dalam nafas normal yaitu 20 kali tarikan nafas per menit. Olahraga paru-paru semacam ini baik untuk mencegah sakit paru-paru.
  • Menyehatkan gigi
Beberapa dokter gigi percaya, bahwa berciuman merupakan tindakan pencegahan gigi berlubang. Karena berciuman dapat menstimulasi air liur yang bisa menghancurkan asam yang menutupi gigi. Selain itu selama berciuman produksi saliva akan meningkat dan hal ini bisa mengatasi masalah gusi serta gigi yang terganggu.
  • Dapat menyembuhkan flu
Saat berciuman, akan terjadi peningkatan kadar horon histamin yang merupakan sistem imun tubuh. Sehingga dapat menyembuhkan penyakit yang berasal dari virus seperti flu dan batuk.

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Apa Saja Manfaat Ciuman Yang Perlu Diketahui? ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
1 Comments

1 Response to "Apa Saja Manfaat Ciuman Yang Perlu Diketahui?"

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea