Cara Agar Anak Tidak Lagi Isap Jempol

Bagaimana cara agar anak berhenti mengisap jempolnya? Menghisap jempol merupakan kebiasaan umum anak. Namun ketika usia anak menginjak umur 2 tahun ke atas, kebiasaan mengisap jempol atau jari ini harus segera dihentikan. Mengisap jempol berlebihan pada anak padat menyebabkan maloklusi (gigi dan rahang dalam posisi tidak rata). Berikut ini beberapa tips menghentikan anak yang suka hisap jempol.
  • Sarungi tangan anak saat tidur
Saat siang hari Anda mungkin bisa menegur si kecil ketika memasukkan tangannya ke mulut. Tapi di malam hari, coba pakaikan sarung tangan sehingga anak kesulitan jika ingin mendapatkan jari-jarinya. Dengan berhentinya mengisap jempol di malam hari, lama-kelamaan anak dapat mengurangi kebiasaannya mengisap jempol.
  • Alihkan perhatian anak
Alihkan perhatian atau konsentrasi anak sehingga ia tidak tergoda untuk mengisap jempolnya. Bisa dengan mengajaknya bermain seperti tepuk tangan sambil bernyanyi, menonton TV atau melakukan kegiatan bersama-sama. Anda juga dapat memberikan mainan yang disukai oleh anak. Misalnya seperti bola, boneka dan sepeda.
  • Mengolesi jempol dengan zat yang tidak disukai anak
Misalnya dengan memberikan zat yang pahit atau asin seperti garam yang dioleskan pada jempol pada waktu pagi, malam dan waktu anak mulai mengisap jempol. Zat pahit haruslah merupakan zat yang tidak berbahaya untuk Buah Hati.
Anak Berhenti Isap Jempol

  • Berikan pengertian tentang efek buruknya
Biarkan anak Anda tahu efek kesehatan dari mengisap jempol. Misalnya menjelaskan bahwa mengisap jempol membuat ia mudah sakit, giginya tidak rapi atau menjadikan jempolnya jadi pendek. Beri tahu dia hal itu berulang kali karena lama-lama anak pun akan memahami efek buruk mengisap jempol, meskipun ia terlihat cuek dan tidak mendengarkan.
  • Jangan mempermalukan anak di depan umum
Jangan memarahi atau memperingatkan anak saat ia mengisap jempol di depan umum. Cukup alihkan perhatiannya atau singkirkan tangannya dari mulut. Mempermalukan anak di depan umum justru membutanya menjadi stres.
  • Permainan outdoor (di luar ruangan)
Biarkan anak pergi ke luar rumah dan bermain dengan teman-teman seumurannya. Cara ini mampu membuat anak tahu bahwa teman-temannya tak ada yang memiliki kebiasaan mengisap jempol. Sehingga anak akan merasa malu sendiri dan menghentikan kebiasaannya. 
  • Berikan hadiah
Berikan hadiah ketika anak sudah berhenti dari kebiasaannya mengisap jempol. Misalnya seperti memberikan stiker, buku cerita, boneka, perilaku khusus atau berlibur bersama

Demikin beberapa tips mudah menghentikan anak mengisap jempol menurut Hanisah.com. Semoga bermanfaat :)

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Cara Agar Anak Tidak Lagi Isap Jempol ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Agar Anak Tidak Lagi Isap Jempol"

Posting Komentar

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea