Cara Atasi Mata Bengkak Karena Menangis

Bagaimana cara mengatasi mata bengkak? Mata bengkak atau sembab biasanya disebabkan karena menangis, kurang tidur, kelelahan, bangun tidur dan sakit. Ketika menangis, cairan air mata yang mengandung garam menyebabkan mata menjadi merah dan pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis membesar. Saat menangis juga terjadi peningkatan aliran darah di area wajah yang memicu terjadi pembengkakan di kulit bawah mata.  Kondisi inilah yang membuat mata bengkak setelah menangis. Agar mata yang bengkak kembali segar dan tidak mengganggu penampilan anda, berikut ini tips untuk mengatasi mata yang bengkak atau sembab.
Mata yang bengkak setelah menangis

  • Banyak minum air putih

Minum air putih 8 gelas sehari dapat membantu tubuh agar tidak dehidrasi. Selain itu juga dapat menjaga kulit agar tidak mengalami kekeringan dan menyebabkan kulit di beberapa daerah khususnya di sekitar mata menjadi bengkak. Semakin banyak minum air juga harus diimbangi dengan mengurangi kadar garam dalam makanan. Kurangi juga minuman bersoda karena gula di dalamnya justru akan menyebabkan dehidrasi. Jika mata bengkak akibat makan makanan asin di malam hari, maka minum air putih saat bangun tidur dapat membantu mengurangi mata bengkak.

  • Gunakan kantong teh bekas
Caranya cukup letakkan kantong teh di atas mata sambil berbaring. Bengkak dan sembab di sekitar mata akan segera berkurang. Teh mengandung kafein yang membantu mengurangi bengkak dan bisa membantu menyempitkan pembuluh darah. Jadi setelah minum teh simpan saja dulu kantong tehnya di dalam lemari pendingin agar dapat digunakan sewaktu-waktu untuk mengompres mata yang bengkak.

  • Buah mentimun
Kandungan enzim di dalam mentimun mampu mengurangi bengkak. Tidak hanya itu mentimun juga bisa mencerahkan warna kulit. Potong satu mentimun menjadi beberapa potongan tebal. Dinginkan di dalam lemari es selama 10 menit lalu letakkan di mata. Jika sudah tidak dingin ganti dengan potongan mentimun lainnya.

  • Kentang

Sama seperti mentimun, kentang juga mengandung enzim yang bisa membantu mengatasi mata sembab. Cuci bersih satu kentang dan kupas, lalu parut dan masukkan dalam satu kantong kain. Gunakan sebagai kompres mata. Kentang juga mengandung catecholase yang digunakan sebagai kandungan kosmetik untuk mencerahkan kulit.

  • Putih telur

Tidak hanya bisa mengurangi bengkak, putih telur juga mampu mengurangi kerutan dan garis halus di wajah. Caranya, ambil putih telur lalu kocok hingga sedikit kaku. Tambahkan witch hazel dan usapkan ke bawah mata dengan kuas. Tunggu hingga mengering lalu bersihkan. Jika digunakan secara teratur, sembab akan berkurang dan kulit akan lebih kencang.

  • Dinginkan sendok dan gunakan untuk kompres

Simpan dalam lemari pendingin sendok makan atau sendok teh yang terbuat dari stainless steel. Setelah dingin, gunakan bagian yang cembung untuk mengompres mata. Selain mengencangkan kulit, cara ini dapat membuat nadi lebih rileks dan baik untuk mengurangi bengkak.

  • Cuci muka dengan air dingin

Jika mata sembab karena kurang tidur, anda bisa mencuci muka dengan air dingin. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari atau bisa juga menggunakan es batu yang dibungkus kain tipis sebagai kompres.

  • Air garam

Larutkan setengah sendok teh garam pada satu gelas air hangat. Gunakan kapas atau eye pad untuk menyerap air tersebut dan letakkan di atas mata selama beberapa menit. Ulang beberapa kali dalam waktu setengah jam.

  • Strawberry

Buah strawberry sangat baik untuk menjaga kelembaban, kehalusan dan kekenyalan kulit. Kandungan AHA di dalam buah ini juga ampuh untuk mengatasi mata sembab. Dinginkan strawberry di dalam lemari es, lalu potong-potong dan letakkan potongan tersebut di area bawah mata.

  • Aloe vera (lidah buaya)

Kandungan anti oksidan dan vitamin E di dalam Aloe Vera sangat efektif mengurangi mata sembab. Anda dapat mengoleskan ekstrak aloe vera di area bawah mata.

  • Gunakan ganjal kepala tinggi

Saat akan tidur cobalah manfaatkan gravitasi bumi untuk mengurangi bengkak di mata. Caranya, ganjal kepala anda dengan dua bantal, lalu tidurlah dengan posisi terlentang.

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Cara Atasi Mata Bengkak Karena Menangis ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Atasi Mata Bengkak Karena Menangis"

Posting Komentar

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea