Bahaya Mengajarkan Baca Tulis Hitung Pada Balita Dibawah 5tahun

Banyak orang tua yang merasa bangga ketika buah hatinya yang masih kecil sudah mampu sedikit menulis atau berhitung, hal ini sah - sah saja selama si kecil memang memiliki bakat alami dalam membaca menulis dan berhitung ( calistung ) tanpa dipaksakan orang tua untuk belajar calistung.
Bahaya Calistung Pada Balita
Perlu diketahui bahwa mengajarkan calistung pada balita di usia dini atau dibawah 5 tahun merupakan tindakan yang tidak seharusnya di lakukan oleh orang tua yang baik, hal itu dikarenakan balita yang sudah siap untuk diajarkan calistung adalah yang sudah berumur diatas 5tahun. Itupun masih perlu diperhatikan apakah si kecil sudah siap betul dengan hal tersebut. Jika tidak, si kecil akan merasa bahwa pelajaran membaca menulis dan berhitung itu merupakan hal yang tidak menyenangkan dan berujung pada penolakan si anak terhadap pengajaran calistung di kemudian hari.

Balita dibawah 5 tahun masih dalam proses pengembangan jaringan tubuh yang berfokus pada aspek motorik, untuk itu di usia ini akan lebih baik jika sikecil diberikan pengajaran Softskill berupa cara bermain ataupun hal menarik lainnya supaya anak menjadi lebih aktif dalam pengembangan sistem motoriknya. Baru setelah dianggap mampu atau anak sudah terlihat antusias dengan menggambar, anda boleh memberikan sedikit trik sederhana untuk mengajarkan baca tulis hitung secara menyenangkan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah, jangan pernah memasukkan buah hati tercinta anda pada jenjang PAUD yang mengajarkan calistung, anda mungkin berfikir hal tersebut dapat memudahkannya ketika masuk SD, tapi tanpa anda sadari mungkin anak akan menjadi sangat tersiksa dengan pembelajaran yang memang belum waktunya diajarkan pada buah hati tercinta anda..

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Bahaya Mengajarkan Baca Tulis Hitung Pada Balita Dibawah 5tahun ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
1 Comments

1 Response to "Bahaya Mengajarkan Baca Tulis Hitung Pada Balita Dibawah 5tahun"

  1. Bukannya lebih bagus ya kalau mengajar kan anak sejak dini...?

    BalasHapus

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea