Beberapa Jenis Buah Yang Dapat Atasi Sembelit

Apa saja buah yang berkhasiat atasi sembelit? Sembelit atau konstipasi merupakan salah satu keluhan atau masalah pencernaan yang paling sering dialami. Masalah pencernaan ini terjadi akibat pergerakan usus yang lamban, tidak teratur sehingga kondisi usus menjadi keras dan kering. Akibatnya buang air besar menjadi tidak lancar karena sulit untuk keluar. Hal tersebut dapat terjadi karena pola makan yang tidak seimbang. Misalnya kurang minum air putih, sayur dan buah-buahan yang mengandung serat. Jika sembelit tidak segera diobati, maka keadaan akan semakin parah karena buang air besar menjadi berdarah atau disebut sebagai wasir. Agar sembelit segera sembuh dan tidak berakibat pada pendarahan, berikut ini beberapa macan buah-buahan yang jitu atasi sembelit atau konstipasi.
Buah kaya serat

  • Pisang
Pisang merupakan buah dengan daging yang lembut dan mudah dicerna oleh usus. Kandungan serat alami pada pisang dapat mengatasi masalah pada usus seperti sembelit. Pisang juga mengandung vitamin A, C dan B6 (zat besi dan kalsium) yang bagus untuk pertumbuhan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi.Selain itu buah pisang juga bermanfaat mengobati sakit maag, menyembuhkan luka bakar dan untuk kecantikan dapat menghaluskan kulit wajah.

  • Apel
Buah apel kaya akan vitamin C dan mengandung anti oksidan. Serat yang terkandung di dalam buah ini mampu atasi keluhan pada pencernaan. Selain itu buah apel juga bermanfaat untuk merawat kulit, menurunkan kolesterol jahat dan dapat menambah energi.

  • Pir
Buah pir mengandung vitamin C dan vitamin K. Kandungan serat di dalam buah pir dapat menenangkan pencernaan terutama jika terjadi sembelit. Manfaat dari buah pir selain itu adalah dapat mencegah osteoporosis atau pelapuka pada tulang dan kanker.

  • Jambu Biji
Jambu biji merupakan buah yang mengandung serat tinggi sehingga bagus untuk mengatasi masalah pencernaan khususnya sembelit. Buah yang tinggi serat ini juga bermanfaat mengobati deman berdarah, batuk pilek dan dapat meningkatkan fungsi otak.

  • Pepaya
Buah pepaya mengandung vitamin C dan juga serat yang tinggi sehingga bagus untuk melancarkan pencernaan. Namun jangan mengkonsumsi buah pepaya berlebihan karena akan berbahaya bagi pencernaan khususnya pada balita.

  • Anggur
Kandungan selulosa, gula dan asam organik pada anggur dapat melancarkan pergerakan usus. Kandungan serat alaminya juga bermanfaat mengatasi sembelit yang kronis.

Cara alami mengatasi sembelit dengan mengkonsumsi buah dapat anda coba di rumah tanpa harus datang ke dokter. Selain itu mengkonsumsi buah-buahan setiap hari sangat bagus untuk menambah asupan serat dalam tubuh sehingga masalah pencernaan tidak akan menghantui anda. Semoga bermanfaat :D

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Beberapa Jenis Buah Yang Dapat Atasi Sembelit ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
0 Comments

0 Response to "Beberapa Jenis Buah Yang Dapat Atasi Sembelit"

Posting Komentar

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea