Kebiasaan Makan Yang Tidak Baik Dan Sering Dilakukan

Apa saja kebiasaan makan yang tidak baik untuk kesehatan? Makan adalah kebutuhan pangan pertama bagi manusia yang harus terpenuhi. Namun tahukan anda bahwa terdapat kebiasaan buruk makan yang sering kali dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Agar makan yang sudah masuk ke dalam tubuh dapat tercerna dengan baik, menyehatkan badan dan terhindar dari penyakit, berikut ini akan Hanisah sebutkan beberapa kebiasaan makan yang tidak baik dan sering dilakukan.
Kebiasaan makan yang tidak baik
Bahaya meniup makanan saat panas

  • Meniup makanan panas
Ketika akan menyantap makanan yang masih panas misalnya mie rebus atau sup dan bubur, biasanya karena tidak sabar untuk melahapnya kita cenderung akan meniup makanan panas tersebut agar segera dingin dan dapat segera dinikmati. Namun taukah anda bahwa ketika makanan yang masih panas tersebut ditiup dengan nafas kita, akan meningkatkan tingkat keasaman pada makanan. Sebagaimana penelitian menunjukkan bahwa nafas yang keluar dari mulut berupa karbondioksida (CO2) dan makanan yang panas mengeluarkan uap air (H2O) maka reaksi yang terjadi aadalah CO2 + H2O = H2CO3 atau disebut juga senyawa asam karbonat. Jika meniup makanan yang panas, maka kita akan mengkonsumsi makanan yang mengandung H2CO3 (asam karbonat) yang akan mempengaruhi tingkat keasaman dalam darah sehingga darah lebih asam dari sebelumnya dan mengakibatkan pH darah menurun (asidosis).
  • Minum teh setelah makan akan
Ketika makan di warung makan, biasanya akan tersedia pilihan minuman yang sangat umum yaitu es teh dan es jeruk. Kebanyakan orang akan memilih es teh karena harganya yang lebih murah dan familiar dibandingkan es jeruk. Namun sebenarnya meminum teh setelah makan dapat menghambat penyerapan zat besi. Hal tersebut dikarenakan daun teh mengandung unsur kimia dan karbon yang akan mempengaruhi kandungan protein dalam makanan. Selain itu teh juga mengencerkan getah lambung yang dapat mempengaruhi proses pencernaan.
  • Makan sambil berdiri
Makan ketika berdiri dapat membuat makanan jatuh ke lambung lebih cepat daripada makan ketika duduk. Jika hal tesebut dilakukan secara terus-menerus, akan menyebabkan luka pada lambung. Selain itu makan sambil berdiri akan mengganggu pencernaan dan menyebabkan makan berlebihan.
  • Tidur setelah makan

Ketika tidur gerakan usus akan menjadi lambat dan proses pengolahan makanan menjadi terhambat. Padahal makanan seharusnya langsung dicerna oleh usus. Akibatnya akan menyebabkan radang usus dan kerusakan pada lambung. Selain itu, makanan akan balik arah (naik ke kerongkongan) sehingga dapat menimbulkan radang tenggorokan, ngilu pada gigi dan serak.
  • Makan buah setelah makan

Makan buah-buahan setelah makan akan menyebabkan pencernaan terganggu. Hal tersebut karena ketika makan, lambung butuh waktu 1 sampai 2 jam untuk mencernanya. Jika setelah makan langsung mengkonsumsi buah, maka perut akan terisi oleh udara yang akibatnya membuat perut kembung, mual, diare dan susah buang air besar dikarenakan buah-buahan tidak dapat segera dicerna oleh lambung.

Demikian tadi beberapa kebiasaan makan yang tidak baik untuk kesehatan namun sering sekali kita lakukan. Semoga dengan ini kita dapat lebih waspada dan menjaga kebiasaan makan kita. :)

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Kebiasaan Makan Yang Tidak Baik Dan Sering Dilakukan ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
0 Comments

0 Response to "Kebiasaan Makan Yang Tidak Baik Dan Sering Dilakukan"

Posting Komentar

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea