Faktor Penyebab Kanker Payudara

Apa saja faktor yang menjadi penyebab penyakit kanker payudara? Penyakit kanker payudara terbilang penyakit yang paling umum menyerang kaum wanita. Meski demikian pria juga memiliki kemungkinan mengalami penyakit ini dengan perbandingan 1 di antara 1000 pria. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kanker payudara ini terjadi. Namun beberapa faktor kemungkinan penyebab kanker payudara adalah: Jenis kelamin, usia, riwayat kanker individu, riwayat kanker keluarga, genetik, menache dini dan masa menopuse yang lambat, riwayat reproduktif, penyakit payudara jinak, obesitas dan kebiasaan makan-makanan berlemak, pajanan radiasi (misalnya radiasi dari listrik, sinyal handphone, laptop, tv, radio dsb), hormon eksogen dan konsumsi alkohol.
Resiko terkena kanker payudara
Penyebab kanker payudara
Rasjidi, seorang peneliti tentang kanker payudara menjelaskan bahwa faktor resiko terkena kanker payudara yang utama berhubungan dengan keadaan hormonal (estrogen dominan) dan genetik. Penyebab keadaan estrogen dominan karena beberapa faktor resiko dibawah ini dan dapat digolongkan berdasarkan:
a. Faktor yang berhubungan dengan diet
Faktor resiko ini dapat dibagi dua, yaitu faktor resiko yang memperberat terjadinya kanker dan yang mengurangi terjadinya kanker. Beberapa faktor pemberat yang berhubungan dengan diet yaitu peningkatan berat badan yang berlebihan pada saat menjelang menopause, diet ala barat yang tinggi lemak (western style), dan minuman beralkohol. Sedangkan faktor risiko yang mengurangi terjadinya kanker seperti peningkatan konsumsi serat dan peningkatan konsumsi buah dan sayur.
b. Faktor reproduksi
1) Usia menarche dan siklus menstruasi

Menarche adalah saat haid/menstruasi yang datang pertama kali pada seorang wanita yang sedang menginjak dewasa. Menarche ini berhubungan dengan peningkatan risiko kanker payudara. Dewasa ini di negara-negara berkembang, terjadi pergeseran usia menarche dari sekitar 16-17 tahun menjadi 12-13 tahun.

2) Usia kehamilan pertama

Risiko kanker payudara menunjukkan peningkatan seiring dengan peningkatan usia mereka saat kehamilan pertama.

3) Paritas

Efek dari paritas (banyaknya melahirkan) terhadap jumlah risiko kanker payudara telah lama diteliti. Dalam suatu studi metaanalisis, dilaporkan bahwa wanita yang melahirkan sekali mempunyai risiko 30% untuk berkembang menjadi kanker dibandingkan dengan wanita yang multipara (melahirkan lebih dari sekali).

4) Menyusui

Ketika menyusui apakah ASI benar-benar diberikan kepada anak sepenuhnya atau tidak. Karena jika memiliki bayi tapi ASI tidak diberikan, maka dapat membuat payudara tidak sehat karena tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan menyusui, resiko terkena kanker payudara akan lebih sedikit.
c. Faktor hormon
Hormon estrogen sangat penting untuk wanita. Hormon ini biasanya akan diproduksi oleh tubuh dari ovarium ketika usia wanita masih muda atau produktif. Karena itu perlu adanya terapi sulih hormon untuk menggantikan hormon yang sudah tidak dihasilkan oleh ovarium diusia senja atau menopause.
d. Radiasi pengion pada saat pertumbuhan payudara
Radiasi pengion adalah radiasi elektromagnetik atau partikel yang mampu menghasilkan ion y secara ang langsung atau tidak langsung dalam lintasannya menembus materi (tubuh). Misalnya sinar-X, sinar gamma, partikel alfa, partikel beta, proton, elektron, positron, partikel berat bermuatan yang bisa terjadi dari sinyal handphone, tv, radio, listrik dan benda elektronik lainnya.
e. Riwayat adanya penyakit tumor jinak
 Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit tumor jinak lebih rentan terkena kanker payudara. Karena tumor jinak ini masih bisa tumbuh walau pernah diangkat.

Demikian tadi beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker payudara. Semoga dapat menambah pengetahuan sehingga resiko terkena kanker dapat diminimalkan.

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Faktor Penyebab Kanker Payudara ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
0 Comments

0 Response to "Faktor Penyebab Kanker Payudara"

Posting Komentar

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea