Kenapa ketika tergigit dapat menjadi sariawan?

Taukah anda kenapa ketika bibir atau lidah tergigit bisa mengakibatkan sariawan? Sariawan atau disebut juga Stomatitis Aphtosa merupakan luka yang terjadi dimulut baik itu di bibir maupun di lidah yang terasa perih. Sariawan biasanya berwarna putih atau kemerahan dengan luka yang bisa melebar beberapa hari sebelum akhirnya sembuh. Sebenarnya tanpa diobati, sariawan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun waktu penyembuhannya bisa mencapai 7 hingga 10 hari.
Agar gigitan tidak menjadi sariawan
Sariawan akibat gigitan
Sariawan ini biasanya terjadi akibat luka gigitan. Misalnya ketika makan atau berbicara gigi tanpa sengaja menggigit lidah maupun bibir. Di hari pertama setelah tergigit, biasanya belum begitu terasa perihnya. Ke esokan harinya biasanya rasa perih itu akan semakin terasa hingga luka melebar. Nah, kenapa ketika tergigit bisa langsung menjadi sariawan? Ketika lidah maupun bibir tergigit, akan terjadi luka karenanya. Luka atau ulkus pada mukosa mulut maupun lidah ini bisa bertahan melalui peradangan atau infeksi sekunder. Pada umumnya sariawan terjadi karena daya tahan mukosa rongga mulut sedang turun, ditambah luka di mulut yang cukup lebar hingga akhirnya menjadi sariawan. Selain itu perasaan trauma yang berlebihan ketika tergigit juga lebih cepat memicu munculnya sariawan.

Jika sudah terlanjur tergigit, beriku ini tips agar gigitan pada lidah dan mukosa mulut tidak menjadi sariawan.

  • Jangan trauma atau memberi reaksi berlebihan setelah tergigit. Karena kandungan dalam air liur sebenarnya dapat mengobati luka di mulut.
  • Letakkan es batu pada tempat yang terkena gigitan. Misalnya sambil mengemutnya sehingga benar-benar bisa menempel pada luka gigitan. Es batu ini dapat menghentikan aliran darah pada luka.
  • Berkumur dengan air garam atau dapat juga dengan menempelkan garam pada luka gigitan. Garam dapur ini dapat melawan bakteri dan infeksi pada luka sehingga mempercepat penyembuhan.
  • Perbanyak minum, utamanya air dingin karena dapat menenangkan dan mengkompres luka.
  • Hindari makanan pedas, karena pedas dapat memperburuk luka dan membuat luka menjadi radang hingga menjadi sariawan.
Demikian tadi penjelasan mengapa ketika tergigit dapat menjadi sariawan dan hal-hal yang dapat dilakukan agar luka gigitan tidak menjadi sariawan. Semoga bermanfaat :)

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Kenapa ketika tergigit dapat menjadi sariawan? ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
0 Comments

0 Response to "Kenapa ketika tergigit dapat menjadi sariawan?"

Posting Komentar

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea