Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Ketika Hamil

Apa saja makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil? Setelah sebelumnya Hanisah sempat membahas buah-buahan yang harus dihindari ketika hamil, kali ini Hanisah akan membahas tentang makanan dan minuman yang harus dihindari ketika sedang mengandung atau hamil. Langsung saja, berikut ini beberapa makan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena akan membahayakan bayi dalam kandungan.
Makan da minuman yang harus dihindari ibu hamil
Daging dan sayuran mentah atau setengah matang
Daging yang mentah atau setengah matang seperti sushi atau sate, mengandung toksoplasmosis. Toksoplasmosis adalah parasit yang dapat menyebabkan infeksi pada janin dan tidak baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan. Parasait ini ada karena daging belum matang secara sempurna sehingga masih terdapat bakteri yang belum mati. Selain itu, sayuran yang tidak dicuci dengan benar juga terdapat toksoplasmosis. Karena itu sebainya cuci dan bersihkan segala macam sayuran yang akan digunakan untuk lalapan atau salad.
Ikan-ikan besar
Jenis ikan seperti ikan tuna, shark dan ikan-ikan lain yang berukuran besar sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut karena ikan-ikan yang berukuran besar ini banyak mengandung racun yang lebih tinggi dari pada ikan-ikan kecil yang dapat menyebabkan kerusakan pada syaraf janin jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan pada usia kehamilan yang masih muda.
Keju lunak, susu skim, susu yang tidak dipateurisari, daging beku dan daging olahan
 Produk seperti keju, susu yang tidak dipateurisasi dan daging olahan biasanya terdpat mikroorganisme jahat seperti bakteri listeria dan salmonella yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi pada janin. Efek dari bakteri ini kemudian dapat menyebabkan keracunan pada darah, kelahiran prematur (tidak pada waktunya) hingga keguguran.
Telur mentah atau setengah matang
Telur mentah atau telur yang dimasak setengah matang mengandung bakteri jahat seperti salmomella karena  telur mentah tidak melalui proses pemasakan dengan suhu yang panas, dimana suhu panas ketika memasak ini dapat mematikan bakteri jahat. Selain itu telur setengah matang juga masih mengandung bakteri jahat karena proses memasak yang belum sepenuhnya matang. Bakteri salmomella ini sangat berbahaya bagi kesehatan janin dalam kandungan.
Minuman beralkohol, bersoda dan mengandung kaffein
Minuman beralkohol dan bersoda dapat membuat perut menjadi panas dan kandungan pada alkohol dapat menyebabkan kelainan perkembangan janin dalam kandungan dan menyebabkan kecacatan. Selain itu minuman yang mengandung kaffein seperti teh dan kopi dapat menghambat penyerapan zat besi dan vitamin pada janin sehingga dapat mengakibatkan keguguran. Terutama jika usia kehamilan masih muda.

Sebagai seorang ibu yang ingin bayinya lahir dengan sehat dan selamat, alangkah baiknya untuk menjaga kesehatan dirinya dan mengkonsumsi makanan yang mengandung asupan gizi yang baik untuk ibu dan juga bayinya. Karena jika banyi lahir dengan sehat dan sempurna, maka tidak akan ada yang mampu menandingi kebahagiaan sebagai orangtua ketika itu.

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Ketika Hamil ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
0 Comments

0 Response to "Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Ketika Hamil"

Posting Komentar

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea