Yang Harus Dilakukan Saat Buah Hati Merusak Barang Orang

Pada usia balita, anak pada umumnya suka sekali membanting benda–benda yang ada disekitarnya. Bahkan seringkali mereka merusak barang–barang penting yang ada dirumah. Misalnya seperti handphone dan remot. Kadang sang buah hati juga membanting benda–benda penting milik tetangga ketika sedang berkunjung. Baik benda yang yang murah hingga benda yang bernilai mahal akan menjadi sasaran sang balita karena rasa ingin tahunya yang tinggi. Jika orangtua tidak dapat bertindak secara tepat, ini akan membuat anda pusing dan tidak enak hati.
Saat buah hati merusak barang orang
Menurut Thomas P.Farley dalam bukunya yang berjudul “Mister Manners”, anak yang suka membanting benda yang murah harus kita ajarkan meminta maaf secara langsung. Anda sebagai seorang ibu harus mampu membimbingnya meminta maaf dan mengakui kesalahannya. Setelah anak anda meminta maaf, anda harus menanyakan berapa kerugian dari benda yang pecah. Jangan remehkan hal ini karena banyak orang yang enggan melakukannya karena alasan barang yang dipecahkan anaknya hanyalah barang yang murah. Jika orang itu menolak, jangan langsung menurut. Bujuk dia dan ketika dia mau menerima ganti rugi, segera berikan uangnya. Jangan lupa untuk memberikan peringatan kepada anak agar ia tidak mengulanginya lagi.

Jika barang yang dipecahkan anak anda adalah barang yang mahal, segeralah bimbing anak untuk meminta maaf. Jangan lupa untuk menanyakan uang ganti rugi. Jangan marahi anak secara berlebihan karena mereka belum cukup mengerti. Jika orang itu tidak mau diganti dengan uang, tawarkan hal lain yang sekiranya bisa mengganti kerugian itu. Misalnya menyuruh anak untuk membantu menyiram tanaman tetangga. Hal tersebut bukan untuk mempermalukan anak. Karena yang terpenting adalah anak dapat memahami konsekuensi dari perbuatannya dan menyesal atas apa yang telah dilakukan. Dengan begitu, anak juga akan terlatih untuk menjadi seorang yang bertanggung jawab.

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Yang Harus Dilakukan Saat Buah Hati Merusak Barang Orang ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
0 Comments

0 Response to "Yang Harus Dilakukan Saat Buah Hati Merusak Barang Orang"

Posting Komentar

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea