Tips cerdas belanja Online yang wajib Kamu tau

Kamu hobi belanja? tapi sedang malas pergi kemana mana? kenapa tidak belanja secara online saja? Di era modern seperti sekarang ini, kebutuhan berbelanja telah dipermudah oleh hadirnya toko online yang siap memanjakan kamu dalam berbelanja tanpa harus ribet pergi kesana kemari untuk mencari barang yang kamu inginkan. Namun, kamu juga harus "Cerdas" dalam menentukan pilihan agar tidak tertipu oleh barang KW dan yang paling penting jangan sampai kamu membeli barang yang harganya diatas rata - rata, kesalahan fatal bagi kita kaum wanita jika sampai membeli barang dengan kualitas yang sama, tapi dengan harga yang lebih mahal.. OMG nggak banget itu!
Cara cerdas belanja Online yang wajib Kamu tau
Bagi kamu yang belum pernah belanja online, sekedar informasi saja belanja online adalah proses pembelian barang mupun jasa yang dilakukan melalui media internet. Dalam hal ini, kamu dapat melihat barang atau jasa yang akan dibeli maupun digunakan melalui blog, situs web maupun jejaring sosial milik penjual. Nah, dalam belanja online kita tidak harus bertatap muda dengan penjual.  Maka dari itu, kita juga harus berhati hati agar tidak menjadi korban penipuan, dan tentunya tidak tertipu harga.. hihihi..

Nah, untuk itu berikut ini adalah cara cerdas dan aman dalam berbelanja online :

Pilih penjual atau toko online terpercaya

Sekarang ini sudah banyak sekali toko online terpercaya yang ada di Indonesia, misalnya jika anda ingin belanja baju dan kebutuhan Fashion anda bisa cari di Zalora, atau jika ingin belanja smartphone atau kebutuhan lainnya anda bisa cari di situs toko online lain seperti Lazada. Sebenarnya masih banyak lagi namun anda harus memastikan toko online pilihan anda adalah terpercaya. Caranya?
  1. Periksa keamanan situs web belanja online.
    Biasanya akan muncul gambar gembok pada status bar browser ketika anda akan memasukkan data pribadi, jika web tersebut aman. Selain itu situs web akan berubah dari http ke “https”. Hal tersebut berarti bahwa informasi pembayaran melalui kartu kredit lebih aman.
  2. Perhatikan kebijakan situs web belanja online terhadap data pribadi anda.
    Jangan sampai terdapat kalimat yang menyebutkan pengelola situs web boleh memberikan data pribadi anda kepada pihak lain. Selain itu pelajari juga peraturan belanja pada web tersebut.
  3. Pastikan penjual memberikan nomor RESI untuk melacak keberadaan pesanan kamu.
    Jika sistem pengiriman menggunakan JNE atau Tiki, pastikan anda mendapatkan nomor kirimannya untuk memeriksa keberadaan barang yang sedang dikirim.
  4. Cek identitas situs web belanja online.
    Seperti alamat emailnya, nomor telephone, YM, Facebook, Twitter dan BBM apakah masih aktif dan selalu di update.
Oiya, usahakan untuk menggunakan komputer pribadi agar transaksi anda lebih aman. Jika memang harus menggunakan komputer umum, pastikan anda logout dari akun toko online tersebut sebelum meninggalkan komputer.

Cari diskon atau Kode Promo

Kebanyakan toko online biasanya memberikan diskon khusus, manfaatkan ini dengan memilih produk yang ingin kamu beli agar biaya yang kamu keluarkan jadi lebih murah. Meskipun sudah ada diskon, biasanya toko online juga memberikan kupon khusus. Hal ini yang biasanya sering di abaikan para sista yang hobi belanja, saking asiknya sama diskon suka gak peduli kalau sebenarnya bisa dapet harga yang lebih murah lagi dengan menggunakan kode kupon.

Kode kupon ini biasanya tidak semerta merta ditampilkan pada halaman produk, biasanya anda harus berlangganan news letter atau semacamnya untuk mendapatkan kupon belanja yang bernilai lumayan. Untuk mempermudah pencarian kupon kamu bisa mencarinya melalui website penyedia kupon belanja. Misalnya saja iprice.co.id disana kamu bisa mendapatkan kupon untuk berbagai macam toko online terpercaya dengan mudah.
Cara mendapat kode kupon Lazada dan Zalora
Dengan menggunakan kupon yang kamu dapat melalui website tadi kamu bisa mendapatkan double diskon setelah memasukkan kode promo saat check out produk yang hendak kamu beli.

Isi alamat pengiriman dengan jelas

Berikan alamat anda selengkap mungkin. Misalnya Nama Jalan, Nama Komplek, No Rumah, RT/RW, Kabupaten, Kecamatan, Nama Kota, Provinsi dan kode pos. Jika dikirimkan ke alamat kantor, jangan lupa sertakan Nama Perusahaan/Kantor, Divisi/Bagian. Jika anda tinggal di kos, sertakan Nama Kos dan Nomor Kamar anda. Hal ini untuk menghindari barang pesanan kamu nyasar kerumah orang lain, pasti nggak mau kan kalau sudah beli dan cari diskon capek - capek tapi barang nggak sampai ke tangan?

Itulah tadi beberapa point penting yang harus diperhatikan untuk kamu shop a holic yang cerdas belanja Online. Semoga bermanfaat. (^_^)

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel Tips cerdas belanja Online yang wajib Kamu tau ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
1 Comments

1 Response to "Tips cerdas belanja Online yang wajib Kamu tau"

  1. saya cek di iprice menurut artikelnya mbak, ternyata masih banyakan zalora dan lazada ya. Coba yg lain juga ikut terutama pemiliki toko online kelas kecil2, pasti seru karena banyak pilihan diskonnya :D

    salam kenal mbak. :)

    BalasHapus

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea