32 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

32 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Jeruk nipis merupakan buah yang memiliki berbagai macam manfaat. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis.

1. Membantu mengangkat sel kulit mati
Gunakan air jeruk nipis murni untuk dioleskan ke kulit wajah dengan bantuan kapas atau bisa langsung dioleskan ke wajah.
2. Membantu membersihkan komedo
Gosokkan air jeruk nipis ke bagian wajah yang berkomedo. Milsalnya seperti daerah hidung dan dagu. Gunakan sebelum tidur dan biarkan semalaman. Lakukan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.
3. Mengobati sakit ambeien
Akar pohon jeruk nipis sebanyak 10 gram di cuci bersih kemudian direbus dengan air 1 liter selama 30 menit. Saring air rebusan tadi dan minum hangat-hangat 3 kali sehari.
4. Mengobati sakit amandel
Kulit jeruk nipis sebanyak 3 buah di cuci dan diiris. Kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa ¾ nya. Saring air rebusan tadi dan gunakan untuk berkumur 3-4 kali sehari.
5. Mengobati ayang-ayangan
Dua jeruk nipis diperas dan dicampur dengan 1 gelas air panas dan gula batu. Aduk dan minum saat masih hangat dan minum sehari sekali.
6. Mengobati batuk Potong dan peras jeruk nipis.
Air perasan tersebut campur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam. Minum 1 kali sehari hingga batuk benar-benar sembuh. Untuk alternatif ke dua, anda dapat mencampur air perasan jeruk nipis dengan kecap manis untuk mengobati batuk.
7. Mengobati batuk yang disertai influenza
Perasan air jeruk nipis diseduh dengan sedikit air panas yang ditambahkan dengan setengah sendok kapur sirih, minum dua kali sehari.
8. Mengatasi bau badan
Porong jeruk nipis menjadi bebrapa bagian, kemudian olesi dengan kapur sirih di setiap bagian daging jeruk tadi. Lalu oleskan ke ketiak setelah mandi pagi dan sore, biarkan selama 5 menit lalu bilas. Alternatif kedua, gunakan 10 helai daun jeruk nipis muda untuk dilumatkan dan dimakan 3 kali sehari.
9. Mengobati batu ginjal
Perasan 2 buah jeruk nipis diecerkan dengan 2 gelas air hangat. Diminum setelah makan malam secara teratur selama 10 hari.
10. Mengobati difteri
Perasan 2 buah jeruk nipis diecerkan dengan 2 gelas air hangat. Diminum setelah makan malam secara teratur selama 10 hari lakukan 3 kali sehari.
11. Mengobati demam
Perasan air jeruk nipis dicampur dengan tumbukan 3 siung bawang merah dan 1 sendok minyak kelapa dioleskan di kening.
12. Mengatasi haid tidak teratur
Perasan jeruk nipis ditambah dengan 1 sendok madu yang diseduh dengan air hangat diminum 3 kali sehari.
13. Mengobati jerawat
Irisan jeruk nipis digosokkan secara perlahan ke wajah yang berjerawat. Lakukan secara teratur minimal 3 kali seminggu.
14. Mengatasi rambut rontok dan ketombe
Irisan jeruk nipis digosokkan secara perlahan ke kulit kepala lalu dibungkus dengan handuk/ciput. Biarkan semalaman, cuci rambut keesokan harinya.
15. Melemutkan rambut
Campur 1 butir telur dengan 3 buah perasan jeruk nipis, lalu gosokkan ke kulit kepala, biarkan selama 2 jam lalu bilas. Hasilnya rambut lembut, lebat dan berkilau.
16. Menghentikan kebiasaan merokok
Minum perasan jeruk nipis, lalu minum air putih. Lakukan setiap kali ingin merokok.
17. Mengobati vertigo
Setengah genggam daun jeruk yang sudah dilumatkan dicampur dengan 1 sendok makan perasan jeruk nipis dioleskan di pelipis, dahi dan tengkuk 2 kali sehari.
18. Mengobati radang tenggorokan (panas dalam)
Campurkan 3 buah perasan jeruk nipis yang matang dengan madu dan air hangat. Aduk lalu minum selagi hangat.
19. Menghilangkan lendir di tenggorokan
Perasan 2 buah jeruk nipis yang dicampurkan sedikit garam langsung diminum.
20. Mengobati panu
Campurkan tumbukan daun landep degan perasan jeruk nipis. Oleskan kebagian kulit yang kena panu. Lakukan 2 kali sehari hingga panu hilang.
21. Mengobati terkilir dan pegal linu
Siram jeruk nipis yang sudah dibelah dengan air panas di wadah yang tertutup lalu peras jeruk tadi dan campur dengan minyak kayu putih dan gandapura. Lalu diurutkan ke bagian yang terkilir dan pegal.
22. Mengobati sakit gigi
Campurkan perasan jeruk nipis dengan gilingan akar kecubung hitam dan legetan warak bersama dengan 1 sendok garam. Peras dan saring lalu kumurkan selama beberapa menit.
23. Melangsingkan badan
Tambahkan perasan jeruk nipis ke dalam 1 cangkir teh hijau. Minum setiap pagi dan sore. Alternatif kedua, perasan jeruk nipis dicampur dengan air hangat dan tambahkan sedikit gula pasir.
24. Menambah stamina atau meningkatkan kekebalan tubuh
Campurkan 1 butir telur ayam kampung bersama dengan perasan jeruk nipis dan sedikit gula merah. Minum sekali seminggu.
25. Mengatasi tekanan darah tinggi
Campurkan perasan jeruk nipis denga 30 lembar daunnya dan 20 kuntum bunganya. Rebus degan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin saring dan minum bersama madu 3 kali sehari.
26. Manfaat jeruk nipis untuk diet
Seduh perasan jeruk nipis dengan madu atau gula. Minum setiap pagi untuk mengikis timbunan lemak.
27. Melancarkan pencernaan
Kandungan falonoid dapat menetralkan cairan pencernaan asam dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Di samping itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita muntah, mual, atau diare.
28. Sumber vitamin
Jeruk kaya akan vitamin C. Kebutuhan seseorang akan vitamin C sekitar 80 miligram setia harinya. Setiap satu jeruk nipis berisi minimal 50 miligram Vitamin C.
29. Sumber mineral
Jeruk nipis kaya akan mineral dan kandungan kalium 490 miligran setiap buahnya. Selain kalium, jeruk nipis juga mengandung tembaga, kalsium, besi dan fosfor. Semua kandungan mineral itu memiliki beberapa manfaat kesehatan.
30. Mengatasi sembelit
Jeruk nipis dapat mengeluarkan racun dari saluran usus dan membersihkan lurus. Karena jeruk nipis mengandung serat yang dapat mencegah sembelit. Minum jus jeruk nipis dengan menambahkan sedikit garam.
31. Mengobati penyakit kuning
Kandungan gizi dalam jeruk nipis membantu meningkatkan fungsi hati dan memiliki efek meredakan demam dan penyakit kuning.
32. Mengatasi masalah buang air kecil
Jumlah kandungan kalium yang tinggi dalam air jeruk nipis membantu membilas racun dari ginjal dan kandung kemih. Oleh karena itu, minum air jeruk nipis dapat menyembuhkan infeksi kandung kemih.

Jangan lupa kalo kalian menyukai artikel 32 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan ini silahkan tinggalkan komentar atau bagikan aja artikel ini melalui :

Facebook, GooglePlus, Twitter, atau di like lah ya :)
Comments
0 Comments

0 Response to "32 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan "

Posting Komentar

Kecantikan

Cinta

Kuliner

Resep Masakan

Korea